2. Link Popularity

| March 15, 2024 | ,
2. Link Popularity - Hallo semua Rusmawan Blog, Pada Postingan kali ini yang berjudul 2. Link Popularity, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BACKLINK MENTORING & SEO, Artikel blog, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.

Judul : 2. Link Popularity
link : 2. Link Popularity

Baca juga


2. Link Popularity

Link popularity adalah merujuk pada popularitas backlink webmu atau jumlah backlink yang mengarah ke webmu. Tapi, bukan hanya sekedar banyak, melainkan harus dari backlink yang high quality (berkualitas) juga. 

Buat yang belum paham apa bedanya link dengan backlink, nah sedikit saya jelaskan apa maksud kedua istilah tersebut. Jadi, link pengertiannya adalah 'tautan', baik itu dipasang di webmu maupun di web orang, selama itu bisa diklik dan mengarah ke sebuah halaman atau situs maka itu namanya link.

Adapun backlink, ia diartikan dengan 'tautan balik', jadi letak linknya harus dari web orang. Atau dengan kata lain, link itu sifatnya umum, sedang backlink lebih spesifik pada tautan yang dipasang di web orang. Oke, sudah bisa nangkap kan?

Data baru menyebutkan bahwa link popularity dari suatu halaman web memberikan efek kurang lebih 22. 33% pada ranking halaman tersebut. Jadi bukan 90% lagi. Dan selebihnya ada pada optimasi on-page webmu, terutama pada artikelnya dan kekuatan domain authority-nya. (baca "INFOGRAFIK 16 RAHASIA KOMPLIT SEO ON-PAGE")

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan link popularity? Pembahasan ini sebenarnya sudah masuk ke cara mencari backlink berkualitas yang akan dijelaskan di bawah. Tapi biar dapat gambarannya maka saya akan sampaikan beberapa metode menaikkan link popularity berikut ini:

1. Dengan mencari sendiri

Ada 1001 macam carannya. Tapi hati-hati! Karena tidak semua cara yang diajarkan di berbagai blog itu benar, apalagi yang diposting beberapa tahun lalu karena sudah pasti tidak uptodate lagi. Sekali lagi, bahwa link itu dinilai bukan dari banyaknya saja, tapi kualitasnya.

Kenapa? Ya, karena 5 backlink dari situs terpercaya, memiliki relevansi dengan webmu, serta memiliki Domain Authority yang tinggi jauh lebih baik dari pada 20 backlink dari situs abal-abal, tidak ada relevansinya dengan webmu, dan rank DAnya rendah. Mengenai cara-caranya dibahas di bawah. Jadi silahkan lanjutkan bacanya sampai halaman paling bawah.

2. Dengan membayar orang lain

Kalau dulu banyak sekali web yang khusus menjual atau menawarkan backlink, ya karena memang di masanya jasa seperti itu masih layak dilakukan.

Tapi sekarang, hampir tidak ada master SEO lagi yang akan melakukannya. Selain karena berbahaya, efek SEO dari situs jual beli backlink semacam itu bisa dibilang tidak kuat lagi, ya apa lagi kalau bukan karena algoritma google yang terbaru.

Nah, trend yang lagi marak sekarang dan terbilang aman adalah dengan mencari secara manual blog-blog yang memiliki relevansi tema dengan blogmu, lalu tawarkan untuk menitipkan link webmu pada salah satu artikelnya yang populer atau pun pada artikel yang baru dibuat.

Harga penawaran untuk jasa tanam backlink seperti ini bisa mulai dari 50ribu, tapi umumnya pemilik blog menghargai tiap penawaran sekitar 200rb-an. Beberapa perusahaan yang melakukan cara ini seperti Bukalapak, Traveloka, Tokopedia dan bahkan hampir semua situs besar berlomba- lomba melakukannya.

Dan asal tau saja, dari hasil penelitian menyebutkan bahwa kurang lebih 35% pemilik situs besar menghabiskan dana kurang lebih 50juta hingga 100juta untuk mencari backlink dengan cara ini. Dari pengalaman penulis sendiri, pernah ditawari oleh Bukalapak pemasangan link di salah blog penulis, tepatnya di artikel soal batu akik.

Dan AlhamduliLlah dibayar Rp.1,5 juta untuk 1 linknya saja. Pernah juga dari pemilik situs pembuat logo instan, waktu itu deal dengan $200 USD hanya dengan 1 link saja. Dan masih banyak lagi pengalaman seperti ini. Artinya apa? Bahwa sekarang ini trend mendapatkan link dari situs berkualitas tidak lagi murah dan enteng, sehingga untuk bisa bersaing 

Anda juga harus melakukan hal yang sama. Tapi tidak usah khawatir karena di atas hanya salah satu caranya, masih banyak cara lain yang juga efektif. Dan mengenai cara lain soal ini akan dijelaskan di bagian cara mencari backlink yang lebih lengkap di bawah.

3. Atas inisiatif pemilik webnya

Jadi, backlink bisa saja kita dapatkan bukan dari usaha kita sendiri atau pun karena membayar orang lain agar memasang link web kita di webnya. Tapi, backlink bisa didapatkan jika ada orang yang suka dengan artikel atau tips yang kita publish kemudian menjadikannya sebagai referensi dan menyertakan link dari artikel Anda tersebut. Lalu bagaimana caranya biar bisa mendapat backlink dengan cara ketiga di atas?

Caranya adalah dengan membuat artikel yang berkualitas dan panjang. Para master SEO sering menyebutnya dengan 'skyscraper article' atau kalau dari blogger lokal sering menyebutnya 'artikel pondasi'. Jadi prinsipnya, kita buat artikel panjang yang selengkap dan se- berkualitas mungkin dalam satu halaman.

Nah, begitu artikel tersebut mendapat ranking dan pengunjung yang banyak dari hasil teknik SEO yang diterapkan maka orang yang senang membacanya akan ramai-ramai menjadikannya referensi dan tentunya link dari webmu akan dipasang di web mereka.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #2 ::.
------------------------------------------------------

Apa pun cara mencari backlink yang dilakukan, perhatikan bahwa sumber backlink terbaik adalah link yang ditempatkan dalam artikel dan menggunakan anchor text yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Dan tetap disiplin menerapkan kunci utama dalam steknik SEO terkini, yaitu buat tampak 'seakan' NATURAL.

No comments:

Post a Comment

Back to Top