Judul : 7. Social Media
link : 7. Social Media
7. Social Media
Bisa dibilang ini masuk faktor ranking 'abu-abu' yang baru dalam teknik SEO semejak booming-nya sosmed di seantero belahan dunia, termasuk juga di Indonesia.
Saya katakan abu-abu karena para master SEO masih berbeda pendapat soal apakah sosmed mempengaruhi ranking web atau tidak?
Sekalipun kenyataannya google tidak bisa mengindeks semua twit di Twitter dan juga status di Facebook, Google Plus dan sosial media lainnya, tapi kebiasaan laba-laba google dalam melakukan crawl atau
perayapan pada semua situs, termasuk sosmed, maka share artikel di situs-situs semacam itu tetap punya pengaruh pada ranking webmu.
Fakta soal signal sosial media yang dapat mempengaruhi ranking web telah disinggung oleh Matt Cuts sendiri dalam video ini:
https://www. youtube. com/watch?v=udqtSM-6QbQ
Yang bisa kita tangkap dari pernyataanya bahwa Google juga mengindeks sosial media layaknya web pada umumnya, dan itu artinya share di sosial media juga dihitung sebagai 'vote', walau pun sebenarnya dalam video tersebut juga disebutkan bahwa Google tidak mendasarkan rankingnya pada banyaknya like di FB atau pun follower di Twitter .
Selain itu, dalam acara "SMX Advanced in 2013" disebutkan juga bahwa web yang cenderung memiliki perlibatan sosial media yang tinggi maka biasanya web tersebut juga memiliki kualitas yang baik.
Di bawah ini juga menjadi alasan lain kenapa sosial media jadi petimbangan optimasi web oleh banyak master SEO:
1. Sosial media bisa dijadikan sebagai media untuk meningkatkan trust dan authority web berdasarkan profil yang disertakan di sosmed tersebut.
2. Sosial media bisa bekerja layaknya mesin pencari, karena bila follower atau like yang kamu miliki melimpah maka bisa mendatangkan banyak kunjungan sekalipun tanpa teknik SEO.
Dalam video dari link di atas, oleh Matt Cuts, disebutkan juga bawah "social connections for ranking purposes is a long term project".
Itu artinya, jika saat ini sosial media belum menjadi faktor kuat dalam mengangkat ranking web (itu sebabnya jadi faktor ke 7 dalam bab
ini), maka bisa jadi beberapa tahun akan datang algoritma Google akan meningkatkan peran sosial signal sebagai pengungkit ranking web.
Jadi, bila like dan followermu sudah siap dari sekarang, tentunya nanti tak perlu susah2 lagi mulai dari nol.
------------------------------------------------------
.:: Closing Action #7 ::.
------------------------------------------------------
Setiap selesai mempublikasikan artikel, maka saat itu juga langsung share di akun twitter, facebook, dan Google + milikmu. Adapun sosmed lain seperti myspace, LinkedIn dan lainnya lakukan pada hari kedua agar tak ditandai spam, karena masalah IP address yang sama.
Buat fanpage facebook dan pasang widgetnya di webmu agar like-mu terus bertambah dari hari ke hari, dan untuk twitter bisa langsung pasang widgetnya di web. Dan biar tidak repot langsung saja cari widget atau plugin yang menyediakan tombol like sosmed jenis
Popup/melayang. Ini fungsinya untuk tips pertama di atas. Jadi bila like di fanpage-mu banyak, anggap saja ribuan, maka sekali share url artikelmu akan langsung terbaca oleh ribuan likers tersebut.
Lengkapi tombol share di semua halaman artikelmu, dan sebaiknya letakkan di dua tempat, yaitu di bagian bawah artikel persis dan di bagian sidebar kiri yang bentuknya melayang mengikuti arah scrol mouse dari visitor.
Salah satu layanan terbaik yang bagus digunakan dan bisa untuk pengguna blogspot maupun wordpress adalah AddThis.com (buat akun dulu lalu pasang scriptnya di webmu).
Jadi ini fungsinya untuk pengunjung, dimana setiap kali mereka selesai baca artikelmu dan suka dengan ulasannya, mereka akan langsung klik tombol sharenya dan artikelmu pun akan dikunjungi banyak orang dari teman2 mereka, syukur2 kalau bisa jadi viral dan trending topik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar